Selasa, 22 Desember 2009

PRAKTEK PTI

FILE EXTENCION

1. MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil.


2. Musical Instrument Digital Interface (MIDI) adalah sebuah standar hardware dan software internasionaluntuk saling bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event) di antara perangkat musik elektronik dankomputer dari merek yang berbeda


3. AAC adalah singkatan dari Advanced Audio Coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3 yang hanya 44 KHz.

4. MPG (MPEG) adalah format video yang dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group. MPEG adalah sebuah standar ISO yang digunakan oleh banyak peralatan multimedia (DVD player, Blu-Ray, pemain portabel, komputer).

5. AVI adalah film yang umum, komputer contatiner video format file. AVI merupakan cara pintas untuk Audio Video Interleave format yang dikembangkan oleh Microsoft dan didasarkan pada Resource Interchange File Format (RIFF). Audio konten atau konten video bisa dikompresi dengan berbagai video atau audio dan video codec dan dapat disimpan dalam sebuah file avi tapi audio atau video codec(DivX, XviD, MP3, AAC) harus diinstal pada sistem operasi, atau didukung oleh peralatan multimedia (DVD player, player portabel dll).


6. VOB file adalah DVD Video object file. The VOB file adalah file kontainer yang mencakup sebagian besar data film, termasuk video dan audio stream, bersama dengan sub judul dan semua fitur menu DVD.
DVD menggunakan kompresi MPEG-2.

7. MP4 adalah MPEG-4 format file multimedia yang didasarkan pada standar ISO MPEG-4. MPEG-4 format file, seperti yang didefinisikan oleh MPEG-4 spesifikasi, berisi MPEG-4 dikodekan video dan Advanced Audio Coding (AAC)-disandikan konten audio. Ini biasanya menggunakan mp4 ekstensi file.

8. M2TS adalah Blu-Ray MPEG-2 sungai. Format M2TS wadah yang didasarkan pada standar MPEG-2. Blu-ray menggunakan transportasi sungai, dibandingkan dengan aliran program DVD, untuk menyimpan video, audio, dan sungai lainnya.

9. MOV adalah wadah multimedia Apple QuickTime format yang dapat menyimpan satu atau lebih track data seperti video, audio, teks, dan efek.

10. 3GP merupakan standar untuk penciptaan, pengiriman dan pemutaran multimedia lebih dari 3 generasi, kecepatan tinggi jaringan nirkabel.

11. MKV - Matroska video-audio file multimedia merupakan wadah gratis standar terbuka format yang dapat menampung jumlah tidak terbatas video, audio, gambar atau judul lagu di dalam satu file.

12. WAV adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris waveform audio format merupakan standar format berkas audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. WAV merupakan varian dari format bitstream RIFF dan mirip dengan format IFF dan AIFF yang digunakan komputerAmiga dan Macintosh. Baik WAV maupun AIFF kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Macintosh. Walaupun WAV dapat menampung audio dalam bentuk terkompresi, umumnya format WAV merupakan audio yang tidak terkompres.
13. MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.
14. Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil.
15. MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast. MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukunganVRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luarManajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya. Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
16. DivX® [da
ɪvˈeks] adalah sebuah video codec yang diciptakan oleh DivX, Inc. (sebelumnya DivXNetworks, Inc.), yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video menjadi ukuran kecil dengan kualitas relatif baik. DivX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part 2. Karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhakcipta, DivX menjadi kontroversial. Saat ini banyak DVD player di pasaran yang dapat memainkan film DivX.
17. PCM = Pulse Code Modulation juga dikenal sebagai Linear PCM adalah standar untuk format CD Audio. Karena sifatnya yang tidak terkompresi, maka format PCM ini mempunyai ukuran file yang cukup besar bila dibandingkan dengan format MP3
18. WMA atau Windows Media Audio merupakan format kompresi audio yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai saingan dari format file MP3
19. MP adalah PEG (dibaca M-pasak), yang merupakam singkatan dari Muving picture Experts Group, adalah nama keluarga standar yang digunakan untuk pengkodoan informasi audio visual dalam format kompresi digital.
20. Theora adalah sebuah kodek video sedang dikembangkan oleh Xiph.org Foundation sebagai bagian dari projek Ogg mereka. Dibuat berdasarkan teknologi On2 kodek VP3, dan Theora ditujukan untuk bersaing dengan video MPEG-4 (seperti, XviD dan DivX), RealVideo,Windows Media Video, dan skema kompresi video bitrate-rendah lainnya.
21. Advanced Streaming Format disingkat ASF adalah sebuah metode untuk mengalirkan (streaming) data multimedia (audio, video, atau gambar) yang didukung oleh Windows Media Player. Sebuah stream ASF dapat menggabungkan antara beberapa jenis data, mulai dari audio, video, gambar, URL, dan skrip.
22. AMV adalah Compressed format video yang dihasilkan oleh MTV untuk digunakan di Cina MP3/MP4/MTV Players.
Biasanya disimpan dalam resolusi rendah dari 94x64 ke 160x120 piksel.
23. RATDVD adalah A. RatDVD file yang telah diciptakan dengan perangkat lunak ratDVD. ratDVD dapat memampatkan seluruh DVD film ke satu file yang termasuk menu dengan fungsionalitas penuh, semua ekstra, semua track audio, semua sudut dan bahan lain pada disk. Tentu saja, itu terserah kepada pengguna apa yang bagian dari DVD untuk menyimpan dan apa yang tidak boleh.Hasilnya. RatDVD file biasanya beberapa gigabyte lebih kecil.
24. M2P adalah standar untuk "generik pengkodean gambar bergerak dan terkait informasi audio". Ini menggambarkan kombinasi lossy kompresi video dan audio lossy compression (kompresi data audio) metode yang memungkinkan penyimpanan dan transmisi saat ini tersedia film menggunakan media penyimpanan dan transmisi bandwidth.
25. M2V adalah MPEG-2 SD Packetized Stream.Hanya berisi data yang terkait dengan video. File M2V biasanya ditakdirkan untuk menjadi multiplexing (muxed), yang merupakan proses penambahan data audio dan mungkin sungai-sungai lain seperti subtitle, sebelum digunakan.M2Vs diciptakan oleh demultiplexing (demuxing) yang ada MPEG-2, atau dengan mengubah format video lain ke MPEG-2.
26. RM adalah RealNetworks konten yang dibuat oleh perangkat lunak yang dikembangkan oleh RealNetworks.Konten tersebut dikompresi dengan kepemilikan RealVideo dan RealAudio codec dan disimpan dalam format file yang dikembangkan oleh RealNetworks. Untuk memutar konten RealNetworks, mendapatkan RealOne player.
27. FLV adalah Ekstensi file flv berhubungan dengan Flash-file video yang kompatibel diekspor oleh Eksportir Video Flash plug-in (termasuk dengan Adobe Flash) atau program lain dengan dukungan file FLV.
Ini terdiri dari header pendek, interleaved audio, video, dan metadata paket, sedangkan data audio dan video disimpan dalam format yang sama dengan standar Flash ( SWF) format.
Format yang FLV merupakan format terbuka yang juga didukung oleh program-program non-Adobe/Macromedia; file FLV dapat diekspor dari QuickTime Pro atau aplikasi lain yang dapat mengekspor ke format file QuickTime.
Macromedia diakuisisi oleh Adobe pada tahun 2005, sehingga Macromedia Flash Player sekarang Adobe Flash Player.
28. XviD adalah Proyek Xvid telah memikirkan dan diciptakan oleh Michael Militzer pada tahun 2001. Sejak saat itu, basis kode Xvid telah dikembangkan lebih lanjut oleh tim inti empat sampai enam insinyur yang telah mengembangkan semua fitur kunci Xvid serta merencanakan dan merancang struktur dan interface Xvid.
Proyek Xvid menerima sumbangan spontan dari pengembang dari seluruh dunia, sedangkan biasanya ini terdiri dari perbaikan bug atau port kode Xvid dasar untuk sebuah kerangka kerja software baru atau hardware platform
29. 3GPP adalah standar di seluruh dunia baru bagi penciptaan, pengiriman dan pemutaran multimedia lebih dari 3 generasi, kecepatan tinggi jaringan nirkabel. Ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project dan 3rd Generation Partnership Project 2 berturut-turut, standar ini berusaha untuk menyediakan seragam pengiriman multimedia yang lebih kaya baru berkembang, jaringan mobile broadband (3rd generation network) untuk multimedia terkini perangkat nirkabel yang diaktifkan. 3GPP dan 3GPP2 didasarkan pada standar MPEG-4 yang berasal dari Apple QuickTime. QuickTime 6,5 mencakup dukungan untuk komponen kunci dari spesifikasi 3GPP dan 3GPP2.
30. H.264/AVC adalah untuk menciptakan standar yang mampu memberikan kualitas video yang bagus pada tingkat sedikit lebih rendah daripada standar sebelumnya (misalnya setengah atau kurang kecepatan bit MPEG-2, H.263, atau MPEG-4 part 2), tanpa meningkatkan kompleksitas desain sedemikian rupa sehingga akan tidak praktis atau mahal untuk diterapkan secara berlebihan. Tujuan tambahan adalah untuk memberikan fleksibilitas yang cukup untuk memungkinkan standar diterapkan pada berbagai aplikasi pada berbagai jaringan dan sistem, termasuk rendah dan tinggi bit rates, rendah dan video resolusi tinggi, menyiarkan, DVD penyimpanan, RTP / IP paket jaringan, dan ITU-T sistem telepon multimedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar